'/> Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Tanggapan Part-3 -->

Info Populer 2022

Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Tanggapan Part-3

Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta
Tanggapan Part-3
Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta
Tanggapan Part-3
Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-3 - Postingan soal essai sejarah peminatan kelas 10 semester genap Kurikulum 2013 edisi revisi SMA/MA yang sedang anda baca ini, merupakan lanjutan soal kepingan ke-1 hingga soal essay peminatan kepingan ke-2 (soal nomor 21-35) dengan materi yang sama, yaitu soal perihal penelitian sejarah (Bab 1).

Berikut dibawah ini, soal-soal sejarah peminatan dilengkapi kunci balasan dalam bentuk essay untuk siswa kelas 10, dengan pertanyaan dimulai dari nomor 36.

36. Tuliskan yang dimaksud kritik!
Jawaban: kritik ialah pengujian secara kritis terhadap sumber-sumber sejarah yang telah ditemukan, untuk menyeleksi data, sehingga diperoleh data.

37. Tuliskan tujuan historiografi tradisional!
Jawaban:
a. Guna menunjukkan kesinambungan yang kronologis
b. Guna meningkatkan solidaritas dan integrase di bawah kekuasaan pusat
c. guna menciptakan simboil identitas baru
d. Guna menghormati dan meinggikan kedudukan raja, dan nama raja, serta wibawa raja.

38. Bagaimana peranan tumbuhnya historiografi Indonesia?
Jawaban: tumbuhnya historiografi Indonesia modern merupakan suatu tuntutan akan ketetapan teknik dalam perjuangan untuk mendapat fakta sejarah secermat mungkin dan mengadakan rekonstruksi sebaik mungkin serta menerangkannya setepat mungkin.

39. Fungsi historiografi yang berkaitan dengan upaya untuk melegitimasi suatu kekuasaan biar terlihat berpengaruh dan berwibawa adalah….
Jawaban: fungsi pragmatis

40. Sebut dan Jelaskan tiga ciri-ciri historiografi modern!
Jawaban:
a. Bersifat Indonesia sentrisme, penulisan sejarah di Indonesia diinterpretasikan sebagai sejarah nasional dan ditulis dari sudut kepentingan rakyat Indonesia. Tugas dari historiografi nasional ialah “membongkar dan merevisi” historiografi kolonial yang gaya penulisannya diselewengkan oleh para sejarawan kolonial yang sangat merugikan proses pembangunan, khususnya pembangunan perilaku mental bangsa, terutama generasi muda Indonesia cukup umur ini.
b. Bersifat metodologis, artinya penulisan sejarah Indonesia memakai pendekatan ilmiah berdasarkan teknik penulisan ilmiah untuk ilmu sosial
c. Bersifat kritis historis yang berarti substansi penulisan sejarah Indonesia secara ilmiah sanggup dipertanggungjawabkan.

41. Historiografi terbentuk dari dua akar kata, yaitu….
Jawaban: history dan grafi

42. Tuliskan tujuan metode penelitian sejarah!
Jawaban: bertujuan untuk mrekonstruksi masa kemudian secara sistematis dan objektif dengan mengumpulkan, menilai, memverifikasi dan mensintesiskan bukti (data) untuk menetapkan fakta dan mencapai konklusi yang sanggup dipertahankan.

43. Sebutkan kelemahan historiografi kolonial!
Jawaban:
a. Subjektivitas tinggi terhadap Belanda
Subjektivitas begitu menempel pada historiografi masa kolonial. Pada umumnya, deskripsinya berorientasikan pada kejadian-kejadian yang menyangkut orang-orang Belanda, contohnya dalam sejarah VOC banyak kupasan-kupasan yang menekankan ciri yang menonjol, yaitu Nederlandosentrisme pada khususnya dan Eropasentrisme pada umumnya.
b. Kekurangan kualitatif dari sejarawan-sejarawan kolonial
Kebanyakan buku perihal sejarah kolonial memiliki hal-hal yang kaku dan dibuat-buat. Buku-buku yang seluruhnya ditulis dari ruang studi di Belanda dan hampir seluruhnya membahas Gubernemen dan pejabat-pejabatnya dan orang-orang pribumi yang kebetulan dijumpai. Hanya sedikit dibicarakan perihal rakyat yang berfikir, yang merasa dan bertindak dan hampir tidak seorang pun yang berusaha meneliti syair-syair, hikayat, babad, dan sejarah.
c. Kekurangan kuantitatif
Hal ini diterbitkan yang disebabkan oleh sistem kerahasiaan yang fatal dan yang berlaku pada masa itu dan pengawasan yang menurun terhadap jajahan pada era ke-18. Berdasarkan jumlah materi arsip yang banyak, hanya sedikit saja yang merupakan sumber terbuka.

44. Historiografi tradisional, pandangan hidup yang dikisahkan sebagai uraian tragedi pada masa lampau tercermin dalam….
Jawaban: babad atau hikayat

45. Sebutkan tahap-tahap penulisan sejarah!
Jawaban: tahap-tahap penulisan meliputi interprestasi, eksplanasi hingga kepada presentasi atau pemaparan sejarah sebetulnya yang merupakan suatu acara yang tidak sanggup dipisahkan satu sama lain.

46. Apakah yang dilakukan sesudah pemilihan topik penelitian?
Jawaban: sesudah topik penelitian ditentukan, segera lakukan studi pendahuluan. Cari sumber-sumber pola utama, yaitu sumber-sumber yang diduga memuat data atau gosip yang relevan dengan topik penelitian.

47. Terangkan pengertian fungsi kritik eksternal!
Jawaban: fungsi kritik eksternal ialah menyidik sumber sejarah atas dasar dua hal pertama dan menegakkan sedapat mungkin otentisitas dan integritas dari sumber tersebut.

48. Tuliskan empat kebenaran dalam sejarah!
Jawaban: kebenaran dalam sejarah dibagi menjadi empat, yaitu kebenaran pragmatis, kebenaran empiris, kebenaran berdasarkan teori korespondensi, dan kebenaran berdasarkan teori koherensi.

49. Peranan bangsa Indonesia dalam sejarah Asia Tenggara, karya R. Moh Ali, merupakan contoh historiografi….
Jawaban: nasional (modern)

50. Sifat pokok dari historiografi kolonial adalah….
Jawaban: eropa sentris atau Belanda sentris

Lanjut ke soal nomor 51-60 => Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-4
Advertisement

Iklan Sidebar