'/> Macam Macam Bahasa Pemrograman, Untuk Kau Yang Bingung -->

Info Populer 2022

Macam Macam Bahasa Pemrograman, Untuk Kau Yang Bingung

Macam Macam Bahasa Pemrograman, Untuk Kau Yang Bingung
Macam Macam Bahasa Pemrograman, Untuk Kau Yang Bingung

Macam macam bahasa pemrograman -Hallo guys, kembali lagi bersama hidup simpel. Kali ini saya akan memberikanmu info perihal macam macam bahasa pemrograman beserta tingkat kesulitan dan kegunaannya.


Di era kini ini kemajuan teknologi merajalela tak terkecuali dengan teknologi informasi. Teknologi informasi pastinya tidak terlepas dengan namanya jadwal dan jadwal tidak terlepas dari aktifitas ngoding.


Berdasarkan informasi dari tokoh journalis teknologi terkenal, James Bacon menyatakan bahwa di era 21 programmer dan insinyur akan hidup sejahtera dibandingkan dengan pengacara dan profesi lainnya.


Kita tahu alasan di balik pernyataannya yaitu ketika kini kita lihat banyaknya muncul perusahaan startup berbasis teknologi. Di Indonesia sendiri ada Lazada, Go-jek, Traveloka dan sebagainya, pastinya mereka membutuhkan namanya programmer.


Berikut penjelasannya untukmu perihal macam macam bahasa pemrograman .



Macam macam Bahasa Pemrograman


Berikut saya rangkum beberapa macam macam bahasa pemrograman yang ada di dunia ini. Berikut materinya perihal macam macam bahasa pemrograman


Bahasa Pemrograman Phyton


 Kali ini saya akan memberikanmu info perihal macam macam bahasa pemrograman beserta tingka Macam macam Bahasa Pemrograman, Untuk Kamu Yang Bingung
teknojurnal.com

Ini yaitu bahasa pemrograman termudah diantara yang lainnya. Dibuat oleh programmer asal Belanda berjulukan Guido Van Rossum pada tahun 1991. Phyton sendiri open source, praktis, berorientasi objek dan pastinya mudah dipelajari.


Kalau gak percaya nih perbandingan instruksi Phyton dengan yang lainnya untuk menampilkan ‘hello world!’


 Kali ini saya akan memberikanmu info perihal macam macam bahasa pemrograman beserta tingka Macam macam Bahasa Pemrograman, Untuk Kamu Yang Bingung
codepolitan.com

Bagi kau yang ingin membuat game, bisa menggunakan phyton sebagai andalan lantaran mendukung semua platform. Phyton juga bagi beberapa perusahaan digunakan untuk membuatkan softwarenya.


Phyton mendadak terkenal disebabkan sudah bisa membuat jadwal berbasis web menyerupai layaknya bahasa HTML dan Php lantaran sudah dibuatkan platform berjulukan Raspberry pi.


Tapi jangan bahagia dulu, meskipun ada kelebihan tetap ada kekurangan.



  1. Untuk masalah compile data masih lambat dibandingkan dengan bahasa yang lainnya.

  2. Hanya beberapa aplikasi smartphone yang menggunakan Phyton, jadi sangat lemah dalam komputasi mobile.

  3. sering terjadi error pada ketika running


Dengan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya ternyata Phyton pernah digunakan untuk pengembangan aplikasi terkenal menyerupai Instagram, Youtube dan streaming musik Spotify.


Jika kau memang ingin fokus berguru bahasa pemrograman ini, kemungkinan kau bisa bekerja di Google lantaran Phyton yaitu bahasa resmi di perusahaan tersebut. Perusahaan Dell, Amazon dan Intel sendiri di dominasi oleh para Programmer Phyton


Bahasa Pemrograman Java


 Kali ini saya akan memberikanmu info perihal macam macam bahasa pemrograman beserta tingka Macam macam Bahasa Pemrograman, Untuk Kamu Yang Bingung
instructables.com

Kalau yang ini jangan ditanya lagi. Bahasa Java yaitu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh para programmer khususnya di Indonesia.


Diciptakan pada tahun 1995 oleh James Gosling. Nama java sendiri diambil lantaran memang Gosling menyukai kopi sabung dan konon biji kopi tersebut berasal dari Jawa.


Tingkat kesulitannya menengah. Program Java sendiri merupakan turunan dari bahasa C++.


Java banyak sekali kegunaannya menyerupai pengembangan aplikasi Android dan IOS, video game dan pengembangan software PC.


Dilansir dari situs Dice.com bahwa Pogrammer java menempati urutan pertama dalam hal ajakan para perusahaan. Tingginya ajakan disebabkan lantaran semua yang berafiliasi dengan android baik sisetem operasinya maupun aplikasinya dikembangkan dengan java.


Namun sayangnya ada kekurangan, diantaranya yaitu memakan banyak memori di laptop lantaran baik media koding dan compilernya berukuran besar. Dalam pembuatan aplikasi android untuk menjalankan simulator agak lambat. Bahasa pemrograman ini tidak mudah dipelajari namun sebetulnya juga tidak terlalu susah.


Java sendiri juga digunakan untuk membangun aplikasi terkenal menyerupai Gmail dan game Minecraft. Baru-baru ini kemampuan java yang dikembangkan yaitu bisa menjelajahi secara online virtual 360 derajat.


Gimana? tertarik mempelajari Java?


Bahasa Pemrograman C


 Kali ini saya akan memberikanmu info perihal macam macam bahasa pemrograman beserta tingka Macam macam Bahasa Pemrograman, Untuk Kamu Yang Bingung
betanews.com

Bahasa ini termasuk dalam bahasa tingkat rendah lantaran merupakan salah satu generasi awal munculnya bahasa pemrograman. Dibuat pada tahun 1972 oleh Brian W. Kerninghan & Dennis M. Ritchie di AT & T Laboratories.


Bahasa C ini terdapat di semua komputer baik di komputer besar maupun komputer kecil sehingga bersifat portabel, maksudnya aplikasi yang ditulis yang ditujukan untuk komputer tertentu sanggup digunakan untuk komputer yang lain dengan sedikit modifikasi.


C termasuk bahasa yang terstruktur lantaran menggunakan fungsi, sehingga memudahkan untuk membuat jadwal dan melacak kesalahan yang terjadi.


C juga ternyata yaitu nenek moyangnya dari bahasa pemograman tingkat tinggi lainnya menyerupai C++, java dan Phyton. Kaprikornus seandainya nih kau kuasai bahasa ini, kau akan mendapat tiket untuk mengetahui semua bahasa pemrograman.


Apa itu bahasa tingkat tinggi dan tingkat rendah?


Maaf saya belum menjelaskan di awal perbedaan di antara keduanya. Bahasa tingkat tinggi itu mempunyai sifat lebih mudah digunakan, diadaptasikan antar platform, dan lebih abnormal dari bahasa tingkat rendah.


Lebih mudahnya bahasa tingkat rendah itu yaitu bahasa mesin sedangkan bahasa tingkat tinggi sudah di atur secara default dalam urusan mesin,  jadi lebih fokus ke operasi.


Jadi sebetulnya C yaitu bahasa mesin.


Sebenarnya bahasa ini sangat kecil ukurannya dan bisa ditanamkan ke dalam mikro prosessor, bahkan tahukah kau kalau lemari es, jam alarm, tv dan alat elektronik lainnya bisa diatur lantaran didalamnya terdapat perintah dari bahasa C.


Sayangnya bahasa ini tidak mendukung jadwal berorientasi objek makanya diciptakanlah c++ yang merupakan pengembangan dari bahasa ini. Selain itu kau akan susah untuk mengecek kalau terdapat eror dalam mekanismenya.


Bahasa C bisa digunakan untuk membuat sistem operasi salah satunya yaitu Linux. Ebook amazon kindle dan  open GL juga menggunakan C untuk pemrogramannya.


Bahasa PEmrograman C++


 Kali ini saya akan memberikanmu info perihal macam macam bahasa pemrograman beserta tingka Macam macam Bahasa Pemrograman, Untuk Kamu Yang Bingung
udemy.com

Saatnya kita beralih pada anaknya bahasa pemrograman C yaitu C++. Sudah kita ketahui sebelumnya bahwa bahasa C++ yaitu bahasa yang berorientasi pada objek. Bahasa ini menurutku yang terbaik dalam pembuatan aplikasi berskala besar.


C++ diciptakan pada tahun 1983 oleh Bjarne Stroustrup yang merupakan hasil pengembangan dari bahasa C. Awalnya C++ dibentuk sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem operasi Unix.


Bahasa C++ banyak sekali kegunaannya terutama pada jadwal yang sangat komplek menyerupai sistem operasi, video game berbasis PC, Xbox dan playstation serta mesin pencari. Sat ini bahasa C++ sudah compatible dengan semua sistem operasi layaknya Android, IOS, Windows Phone dan Blackberry.


Fakta yang menarik di sini yaitu bahwa Search engine Google ternyata membangun algoritmanya dengan menggunakan bahasa ini sehingga cukup terbukti akan kehandalannya, selain itu Microsof Outlook diantara aplikasi windows juga menggunakan bahasa C++.


Dibalik semua itu niscaya terbersit di fikiranmu untuk menguasai bahasa ini, namun ada tapinya.


Bahasa C++ yaitu bahasa yang paling susah di antara semua bahasa yang ada. Bahkan nenek moyangnya pun bahasa C masih kalah 1 poin dalam hal kesulitan. Hebatnya kalau kau sangat menguasai bahasa ini kau berada di atas level dibandingkan dengan programmer lainnya dan dianggap istimewa.


Bahasa Pemrograman JavaScript


 Kali ini saya akan memberikanmu info perihal macam macam bahasa pemrograman beserta tingka Macam macam Bahasa Pemrograman, Untuk Kamu Yang Bingung
acadecap.org

Menurutku ini yaitu bahasa pemrograman dengan tingkat kesulitan level 2 dan cukup terkenal di kalangan para programmer khususnya master pembuatan website. Bahasa ini berjalan di sisi client, maksudnya Javascript bisa disisipkan kedalam instruksi bahasa lainnya contohnya HTML.


NEtScape yaitu perusahaan yang membuat JavaScript di tahun 1995 sehabis para pendirinya berseteru dengan pemilik Java.


Fungsi Javascript majemuk beberapa diantaranya yaitu untuk mempercantik tampilan website, sebagai alat analisa, widget, dan membangun website yang interaktif.


Salah satu Library yang terkenal dari JavaScript yaitu Jquery. Hampir 68.5 % website di seluruh dunia menggunakan Jquery dalam beberapa bentuk.


Contoh website terkenal yang pembuatannya dengan Javascript yaitu Paypal dan Youtube, bisa dilihatkan tampilan dari kedua website tersebut menarik dan interaktif.


Beberapa kelebihan lain dari Javascript yaitu pada hal kecepatan, JavaScript sangat cepat lantaran code fungsi yang kau tulis sudah bisa langsung dihukum tanpa harus menyambung ke server atau menunggu jawaban.


JavaScript tidak mengecewakan simpel dipelajari dan mudah diimplementasi. Fleksibel lantaran bisa digabungkan dengan banyak sekali jadwal dan banyaknya variasi dalam pengaplikasiannya.


Tetapi terdapat banyak kekurangan.


Untuk duduk masalah keamanan kurang bagus lantaran kodenya dihukum oleh komputer pengguna. Dalam beberapa masalah bisa dimanfaatkan oleh para hacker untuk tujuan malware, makanya inilah alasan kenapa beberapa orang menentukan mematikan JavaScript. Pada tampilan juga terkadang dari browser dengan browser lainnya berbeda.


Bahasa Pemrograman c#


 Kali ini saya akan memberikanmu info perihal macam macam bahasa pemrograman beserta tingka Macam macam Bahasa Pemrograman, Untuk Kamu Yang Bingung
udemy.org

Ini ia bahasa pemograman milik perusahaan Microsoft. Diciptakan pada tahun 2000 oleh karyawan Microsoft sendiri yaitu Anders Hejlsberg.


Sangat terkenal sejak diperkenalkannya aplikasi Microsoft visual. Bahasa ini sangat powerful dan menyerupai bahasa pemograman yang lainnya bisa untuk membuat majemuk aplikasi menyerupai aplikasi windows, pengembangan software dan aplikasi bisnis.


Beberapa keunggulan C# diantaranya



  1. Sudah terintegrasi dengan Net library

  2. Mudah dipindahkan, C yaitu dasar bahasa dari bahasa C#, jadi struktur bisa dipindahkan ke bahasa lainnya menyerupai Java C PHP dan C++

  3. Banyak permintaan, C# sama menyerupai Java. Programmernya banyak dimintai sebagai karyawan


Selain kelebihannya ada juga kelemahannya, yaitu



  1.  tidak cocok untuk pemula, C# bukan bahasa terbaik untuk pemula yang gres mengenal pemrograman.

  2. Tidak multiplatform, C# sendiri Memang didesain untuk aplikasi Windows


Banyak aplikasi terkenal yang dibentuk dengan bahasa ini beberapa di antaranya yaitu stackoverflow dan Evernote.


Bahasa Pemrograman Ruby


Inilah satu-satunya bahasa pemrograman yang dibentuk dari orang Asia tepatnya di Jepang yaitu Yukihiro Matz Matsumoto.


Bahasa  ini terbilang cukup mudah berbasis objek dan cukup dinamis. Bahasa ini cocok bagi kau yang gres memulai berguru pemograman.


Ruby sendiri merupakan adonan dari bahasa pemrograman Lisp, Smalltalk, Ada, Perl dan Eiffel.


Aplikasi ini banyak kegunaannya diantaranya tampilan antarmuka pengguna membuat aplikasi berbasis web dan pengembangan website.


berikut keunggulan dari Ruby



  1. Sangat mudah dipelajari bagi pemula sama menyerupai bahasa python

  2. Banyaknya libraries.  Terdapat banyak libraries  dan tool lainnya membuat kita lebih mudah dalam membuat suatu aplikasi.

  3. Banyaknya komunitas. Setiap negara di dunia mempunyai komunitas bahasa Ruby yang setiap ketika selalu berdiskusi. Bahkan bahasa ini termasuk bahasa pemrograman yang paling terkenal di situs media khusus coding menyerupai Github


Kekurangan bahasa Ruby diantaranya



  1. Performa bahasa ini terbilang cukup lambat


Beberapa perusahaan yang menggunakan Ruby untuk membangun aplikasinya  diantaranya yaitu Hulu, Groupon dan Airbnb.


Bahasa Pemrograman PHP


Kalau ini bukan pemberi impian palsu lo ya. PHP sendiri kepanjangan dari hypertext preprocessor.


Dibuat pada tahun 1994 oleh Rasmus Lerdorf yang mana dikembangkan yang digunakan untuk memelihara tampilan websitenya.


Bahasa ini bersifat open source dan gratis, dan merupakan server Side yang dibentuk untuk pembuatan dan pengembangan website.  meskipun khusus untuk Website namun juga bisa untuk tujuan umum jadwal lainnya.


Umumnya PHP digunakan diantaranya menyerupai plugin untuk WordPress, pengembangan Web dan juga bisa untuk membuat basis data.


Beberapa kelebihan yang dimiliki PHP



  1. Mudah dan serba guna.

  2. Komunitasnya besar. Jika kau mendapat kesulitan dalam mempelajari bahasa ini kau bisa bertanya dan berdiskusi dengan mereka.

  3. Bekerja sangat baik dengan database system gambar dan lainnya.


Kekurangan



  1. Tidak terlalu mudah dipelajari,  alasannya banyak instruksi yang membingungkan. Beberapa faktor diantaranya ternyata instruksi open source sudah lebih dari 10 tahun lamanya tidak dikembangkan.

  2. Bahasa ini tergolong lambat di interpreternya dan intinya bukan compiler.

  3. Cukup terbilang susah untuk mengatasi error  dibandingkan dengan bahasa yang lain. Alasannya kembali lagi pada sejarah pengembangan bahasa tersebut dan memang didukung oleh fungsi yang paling tua.


Ngomong-ngomong bahasa ini cukup terbukti handal di antaranya perusahaan Facebook dan WordPress membangun platformnya dengan bahasa ini.


Bahasa Pemrograman [C]


Kalau ini kita baca C Objek. Inilah bahasa pemograman pribadi dan paling utama yang digunakan perusahaan Apple untuk membangun sistem operasi dan aplikasinya.


Bahasa ini aslinya dikembangkan awal tahun 1980 oleh Brad Cox dan Tom Love.


Bisa digunakan untuk tujuan umum dan sudah berbasis objek.


Jika kau hanya ingin fokus untuk membuatkan aplikasi IOS atau OS X, bahasa ini yaitu jawabannya dan memang sudah dijelaskan sebelumnya Kalau ini yaitu bahasa yang utama yang digunakan Apple untuk membuat Mac OS dan  iOS.


Beberapa keunggulan [C]



  1. Banyaknya libraries. Bahasa ini memang dikembangkan secara spesifik untuk bisa terintegrasi dengan framework pemrograman.


beberapa kekurangannya diantaranya



  1. Penggunaannya dibatasi. Sebagaimana kita ketahui bahwa bahasa ini memang didesain khusus untuk produk Apple jadi kita tidak bisa menggunakannya untuk membuat aplikasi platform lainnya menyerupai Android.

  2. Termasuk bahasa yang susah dipelajari. Bahasa ini merupakan turunan dari bahasa C jadi  kita harus mengetahui sedikit basic dari bahasa C.

  3. Berbeda cara dan metodologi dalam membuat sesuatu.  Apple memang mendesain bahasa ini dengan caranya sendiri yang mana berbeda dengan bahasa yang lainnya.


Kesimpulan Macam macam Bahasa Pemrograman


Setelah membaca semua info masih di atas Pasti kalian bertanya-tanya bahasa pemograman Apa yang harus saya pilih?


Hal pertama yang harus kau lakukan yaitu berpikir tujuan kau menentukan bahasa pemograman itu untuk apa.


Kemudian yang kedua berfikir apa yang ingin kau lakukan dengan bahasa pemrograman tersebut.


Berikut saya rangkum semoga mudah kau untuk memilih:



  1. Membangun dan mengedit halaman website yang paling cocok yaitu PHP HTML5 dan CSS.

  2. Untuk membuat aplikasi iPhone yang paling cocok yaitu [C]  untuk membuat aplikasi Android yaitu C plus plus dan Java

  3. Untuk membangun halaman website yang interaktif bisa menggunakan JavaScript

  4. Untuk membuat video game bisa menggunakan C Java dan Phyton

  5. Membangun software bisa menggunakan C#  dan C++

  6. Menyimpan info dan data pengguna bisa menggunakan PHP,  Python dan Ruby.


Yang paling mudah dipelajari yaitu Phyton,  yang paling bisa diandalkan yaitu C++ dan yang paling luas yaitu Java.


Apapun bahasa pemrograman yang kau pilih untuk dipelajari, niscaya akan banyak ajakan nantinya. Perusahaan besar di dunia akan membayar dengan honor yang tinggi bagi para programmer yang andal dan mau selalu belajar.


Demikianlah perihal macam macam bahasa pemrograman yang bisa saya bagikan terima kasih.


                 Macam macam bahasa Pemrograman, Macam macam bahasa Pemrograman


Advertisement

Iklan Sidebar