'/> Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Tanggapan Part-2 -->

Info Populer 2022

Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Tanggapan Part-2

Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta
Tanggapan Part-2
Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta
Tanggapan Part-2
Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-2 - soal-soal essai sejarah peminatan kelas 10 semester genap SMA/MA kurikulum 2013 edisi revisi postingan kedua kali ini merupakan lanjutan essay potongan ke-1 (soal nomor 1-20). Bagian kedua, masih berisikan materi yang diambil dari Bab 1, yaitu soal perihal penelitian sejarah, menyerupai soal seputar langkah-langkah penelitian sejarah serta jenis historiografi.

Dimulai dari pertanyaan nomor 21, berikut dibawah ini soal sejarah peminatan lengkap dengan kunci tanggapan untuk siswa kelas 10.

21. Sebutkan karya sejarah yang berbentuk historiografi tradisional yang ditulis oleh para pujangga keraton dari kerajaan Hindu/Buddha!
Jawaban:
a. Babad Tanah Pasundan
b. Babad Parahiangan
c. Babad Tanah Jawa
d. Pararaton
e. Nagarakertagama
f. Babad Galuh
g. Babad Sriwijaya

22. Sebutkan dua unsur penunjang heuristik!
Jawaban: biar pencarian sumber berlangsung secara efektif, dua unsur penunjang heuristik harus diperhatikan.
a. Pencarian sumber harus berpedoman pada bibliografi kerja dan kerangka tulisan. Dengan memerhatikan permasalahan-permasalahan yang tersirat dalam kerangka goresan pena (bab dan subbab), peneliti akan mengetahui sumber-sumber yang belum ditentukan.
b. Dalam mencari sumber di perpustakaan, peneliti wajib memahami sistem katalog perpustakaan yang bersangkutan.

23. Sumber data sejarah meliputi…
Jawaban: sumber primer dan sumber sekunder

24. Sebutkan tahap sehabis melaksanakan kritik sumber!
Jawaban: sehabis fakta untuk mengungkap dan membahas problem yang diteliti cukup memadai, kemudian dilakukan interpretasi, yaitu penafsiran akan makna fakta dan korelasi antara satu fakta dengan fakta lain.

25. Apakah yang harus dihasilkan dalam rekontruksi kejadian sejarah?
Jawaban: rekonstruksi kejadian sejarah harus menghasilkan sejarah yang benar atau mendekati kebenaran.

26. Sebutkan acara final dari penelitian sejarah!
Jawaban: acara terakhir dari penelitian sejarah (metode sejarah) yakni merangkaikan fakta berikut maknanya secara kronologis/diakronis dan sistematis, menjadi goresan pena sejarah sebagai kisah.

27. Penyaluran hasrat ingin tahu oleh insan dalam taraf keilmuan disebut….
Jawaban: penyelidikan

28. Terangkan kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah penulisan sejarah!
Jawaban: berikut kaidah penulisan karya ilmiah penulisan sejarah.
a. Bahasa yang dipakai harus bahasa yang baik dan benar berdasarkan kaidah bahasa yang bersangkutan. Karya ilmiah dituntut untuk memakai kalimat efektif
b. Memerhatikan konsistensi, antara lain dalam penempatan tanda baca, penggunaan istilah, dan penunjukan sumber.
c. Istilah dan kata-kata tertentu harus dipakai sesuai dengan konteks permasalahannya.
d. Format penulisan harus sesuai dengan kaidah atau pedoman yang berlkau, termasuk format penulisan bibliografi/daftar pustaka/daftar sumber.

29. Ilmu sejarah ialah hasil penelitian dengan memakai bahan-bahan penyelidikan sebagai….
Jawaban: kenyataan

30. Bagaimana jikalau sumber sejarah sebuah kejadian sulit ditemukan?
Jawaban: tanpa adanya sumber sejarah, sejarawan akan mengalami kesulitan menemukan jejak-jejak sejarah dalam kehidupan manusia. Mengapa penulisan sejarah di zaman Hindu-Buddha pada umumnya ditulis diprasastikan? Penulisan sejarah di zaman Hindu-Buddha pada umumnya ditulis diprasastikan dengan tujuan biar generasi penerus sanggup mengetahui kejadian di zaman kerajaan pada masa dulu, di mana seorang raja memerintah.

31. Sebutkan lima ciri-ciri historiografi tradisional!
Jawaban:
a. Religio sentris, artinya segala sesuatu yang dipusatkan pada raja atau keluarga raja (keluarga istana), maka sering juga disebut istana sentris atau keluarga sentris atau dinasti sentris.
b. Bersifat feodalistis-aristokratis, artinya dibicarakan hanyalah kehidupan kaum aristokrat feudal, tidak ada sifat kerakyatannya. Historiografi tersebut tidak memuat riwayat kehidupan rakyat, tidak membicarakan segi-segi sosial dan ekonomi dari kehidupan rakyat.
c. Religio-Magis, artinya dihubungkan dengan kepercayaan hal-hal yang gaib.
d. Tidak begitu membedakan hal-hal yang khayal dan hal-hal yang nyata.
e. Tujuan penulisan sejarah tradisional untuk menghormati dan meninggikan kedudukan raja, dan nama raja, serta wibawa raja; biar supaya raja tetap dihormati, tetap dipatuhi, tetap dijunjung tinggi.

32. Jelaskan yang dimaksud historiografi kolonial!
Jawaban: historiografi kolonial merupakan penulisan sejarah yang membahas problem penjajahan Belanda atas bangsa Indonesia oleh Belanda.

33. Sumber gosip yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh siswa saat beliau akan melaksanakan penelitian sejarah disebut….
Jawaban: sumber sejarah dalam konteks pembelajaran

34. Jelaskan kelebihan historiografi kolonial!
Jawaban: Historiografi masa kolonial turut memperkuat proses naturalisasi historiografi Indonesia. Terlepas dari subjektifitas yang melekat, sejarawan kolonial berorientasikan fakta-fakta dan kejadian-kejadian. Kekayaan akan fakta-fakta sungguh mencolok. Pembicaraan mengenai perkembangan historiografi Indonesia tidak sanggup mengabaikan literatur historiografis yang dihasilkan oleh sejarawan kolonial.

35. Sejarah sebagai ilmu harus mempunyai objek, yakni kejadian insan di….
Jawaban: masa lalu

Lanjut ke soal nomor 36-50 => Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-3
Advertisement

Iklan Sidebar