'/> Contoh Soal Dan Balasan Seni Budaya Kelas Xi Semester 2 Kurikulum 2013 Essay Part-14 -->

Info Populer 2022

Contoh Soal Dan Balasan Seni Budaya Kelas Xi Semester 2 Kurikulum 2013 Essay Part-14

Contoh Soal Dan Balasan Seni Budaya Kelas Xi Semester 2 Kurikulum 2013
Essay Part-14
Contoh Soal Dan Balasan Seni Budaya Kelas Xi Semester 2 Kurikulum 2013
Essay Part-14
Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Essay Part-14 - Soal-soal essai SBK kelas 11 semester genap untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat, mulai bab ke-14 berisikan bahan soal perihal pementasan seni teater modern (Bab 4). Selain itu, postingan kali ini melanjutkan goresan pena bahan soal perihal pergelaran seni tari (Bab 3, hingga dengan soal nomor 165).

Berikut dibawah ini, soal essai seni budaya kelas xi semester genap K13 edisi revisi dilengkapi kunci balasan dengan pertanyaan dimulai dari nomor 166.

166. Jelaskan mengenai pengertian teater berdasarkan anda!
Jawaban: secara etimologis, teater diartikan sebagai gedung pertunjukkan. Teater diartikan dengan dua cara, yaitu secara sempit dan secara luas. Secara sempit, teater diartikan sebagai potret kehidupan insan yang coba disuguhkan di atas panggung untuk ditonton para penikmat teater. Secara luas, teater merupakan segala tugas yang coba disuguhkan di depan kerumunan orang banyak.

167. Apakah perbedaan teater dengan drama?
Jawaban: teater merupakan segala tugas yang coba disuguhkan drama merupakan seni pertunjukan yang berkaitan dengan tugas atau naskah kisah yang akan dipentaskan.

168. Apakah pengertian teater dramatik?
Jawaban: Teater dramatik diartikan sebagai pertunjukkan teater yang beradsarkan pada dramatika lakon yang dipentaskan. Situasi kisah dan latar belakang kejadian dalam teater dramatic dibuat dan ditelaah sedetail mungkin. Karakter setiap pemain pun hampir tidak ada improvisasi. Pada jenis teater ini, mencoba mementaskan kisah sesuai dengan realita tanpa mengada-ngada.

169. Jelaskan secara singkat mengenai teatrikalisasi puisi!
Jawaban:
Pertunjukkan teater dalam teatrikalisasi puisi berupa karya sastra puisi yang dibungkus dengan pertunjukkan teater. Karya sastra puisi yang biasanya hanya sekedar dibaca dalam teatrikal puisi karya sastra tersebut diperankan di atas panggung. Karena unsur utamanya yakni karya sastra puisi, maka teatrikal puisi lebih menitikberatkan pada estetika puisi di atas pentas.

170. Bagaimanakah ciri-ciri teater modern?
Jawaban:
Ciri-ciri teater modern sebagai berikut:
a. bertolak dari hasil karya sastra
b. teknik teater modern bersumber dari konsep teater berat
c. diikat oleh teknik dari aturan dramatologi
d. pertunjukkan dilakukan ditempat khusus yaitu bangunan yang memisahkan antara panggung pemain dengan penonton
e. unsur kisah modern berkaitan dengan kejadian di kurun sekarang
f. ungkapan bentuk teater sudah memakai idiom-idiom modern
g.bahasa yang dipakai untuk obrolan memakai bahasa melayu pasar, atau berbahasa indonesia

171. Jelaskan maksud aktor sebagai alat utama perwujudan gagasan teater seorang sutradara!
Jawaban:
Pemeran yakni alat utama perwujudan gagasan teater seorang sudradara. Fungsi dan tugas para pemain dalam mewujudkan gagasan sutradara ini kemudian didukung oleh sejumlah komponen administrasi produksi teater secara terpadu.

172. Apakah yang dimaksud staf produksi teater?
Jawaban:
Staf produksi teater yakni kelompok orang yang memegang tanggung jawab administrative pertunjukkan teater.

173. Jelaskan yang dimaksud staf panggung!
Jawaban:
Staf panggung yakni sekelompok orang yang mewujudkan gagasan artistik pentas dalam rangka mendukung terealisasi pementasan.

174. Sebutkan tipe-tipe sutradara dalam pementasan teater!
Jawaban:
Ada beberapa tipe sutradara dalam menjalankan penyutradaraannya, sebagai berikut:
a. sutradata konseptor. Ia memilih pokok penafsiran dan menyarankan konsep penafsirannya kepada pemain. Pemain dibiarkan membuatkan konsep itu secara kreatif. Tetapi juga terikat kepada pokok penafsiran tersebut.
b. sutradara dictator. Ia mengharapkan pemain dicetak menyerupai dirinya sendiri. Tidak ada konsep penafsiran dua arah ia mendambakan seni sebagai dirinya. Sedangkan pemain dibuat menjadi robot-robot yang tetap buta tuli.
c. sutradara kordinator. Ia menempatkan diri ebagai pengarah atau polisi lalulintas yang mengkooprdinasikkan pemain dengan konsep pokok penafsirannya.
d. sutradara paternalis. Ia bertindak sebagi guru atau suhu yang mengamalkan ilmu bersamaan dengan mengasuh batin para anggotannya. Teater disamakan dengan pedompokan, sehingga pemain yakni cantrik yang harus setia kepada sutradara.

175. Apakah tujuan penilaian kerja sehabis pementasan teater?
Jawaban:
Mencari jalan keluar dalam pementasan selanjutnya berjalan dengan baik dan lancar.

Lanjut ke soal nomor 176-195 => Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Essay Part-15
Advertisement

Iklan Sidebar